Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Hari untuk Kesehatan

Manfaat berjemur bagi tubuh sangatlah beragam, salah satunya meningkatkan imunitas. Apalagi kondisi pandemi seperti saat ini, dimana meningkatkan imunitas merupakan salah satu cara untuk terhindar dari Covid-19. Kamu juga bisa menggunakan premi asuransi keluarga untuk berjaga-jaga selama pandemi ini lho. Selain menawarkan beragam manfaat, asuransi keluarga biasanya lebih murah dalam satu paket, sehingga sangat membantu selama pandemi.

Nah, setelah menjamin kesehatan dengan menggunakan asuransi keluarga, kamu dan keluarga juga harus tetap menjaga serta meningkatkan kesehatan, salah satunya dengan berjemur di pagi hari.

premi asuransi keluarga

Lantas, apa saja manfaat berjemur sinar matahari pagi hari untuk kesehatan yang akan kamu dapatkan? Berikut jawabannya:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur sinar matahari pagi hari yang pertama adalah meningkatkan kesehatan tulang. Mengapa? Sebab, sinar matahari di pagi hari bisa merangsang produksi vitamin D. Kehadiran vitamin D dalam tubuh bisa merangsang penyerapan kalsium serta fosfor yang bekerja menguatkan tulang.

Selama proses pembuatan vitamin D akan membentuk vitamin D3, yaitu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Menariknya vitamin D3 ini berperan penting untuk kepadatan tulang lho. Bahkan jika kandungan vitamin D3 lebih tinggi dalam darah, maka mengurangi risiko patah tulang.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian dari University of Edinburgh, ketika sinar matahari menyentuh kulit akan melepaskan senyawa nitric oxide ke dalam pembuluh darah. Senyawa ini berfungsi untuk bantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, dosen senior di bidang dermatologi bernama Richard Weller menemukan bahwa manfaat berjemur di pagi hari bisa bantu menurunkan tekanan darah hingga mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

3. Menghilangkan Depresi Ringan

Tahukah kamu ketika tubuh kekurangan sinar matahari bisa menyebabkan gangguan Seasonal Affective Disorder (SAD). Gangguan ini merupakan jenis depresi yang umum terjadi saat berada di musim dingin.

SAD dan jenis depresi ringan lainnya bisa hilang jika kadar antidepresan alami di otak meningkat. Nah, salah satu cara meningkatkan kadar antidepresan ini adalah dengan berjemur di pagi hari. Sebab, ketika berjemur, otak dapat memproduksi serotonin dalam jumlah yang banyak. Serotonin ini merupakan bahan kimia yang bisa memperbaiki suasana hati.

4. Menyembuhkan Beberapa Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit seperti psoriasis, jerawat, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur lainnya bisa cepat sembuh jika berjemur di pagi hari. Namun, untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi UV, lakukanlah metode pengobatan ini di bawah pengawasan medis.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nah, manfaat berjemur di pagi hari yang terakhir adalah bantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, paparan sinar matahari pagi dapat membantu menekan sistem imun yang aktif. Inilah alasan mengapa sinar matahari pagi dapat mengobati penyakit autoimun.

Tidak hanya itu, paparan sinar matahari juga bantu meningkatkan sel darah putih sehingga bisa mengatasi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh.

Menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti saat ini merupakan sebuah keharusan, salah satunya dengan rutin berjemur di pagi hari sekitar jam 9 hingga jam 10 pagi. Tapi tidak ada salahnya juga berjaga-jaga dengan menggunakan premi asuransi keluarga agar kesehatan kamu dan keluarga terjamin. Apalagi biaya asuransi keluarga biasanya lebih murah dalam satu paket. Jadi, tunggu apalagi? Yuk tunjukkan kasih sayang kamu terhadap keluarga dengan menggunakan premi asuransi keluarga.