Kebiasaan Tidur Telungkup Berbahaya Bagi Kesehatan

Kebiasaan tidur telungkup bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh. Seperti gangguan saraf, sakit leher, kesemutan, dan akan berdampak buruk bagi ibu hamil.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, tidur adalah hal penting dalam menerapkan gaya hidup sehat selain makanan dan olahraga teratur. Disarankan waktu tidur dalam setiap malamnya selama tujuh sampai delapan jam.

Tidur yang sebentar maupun terlalu lama dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan serius. Seperti penyakit jantung, diabetes, gangguan kesuburan dan kesehatan mental, serta masalah kesehatan lainnya.

Kebiasaan Tidur Telungkup

Namun, selain waktu tidur, kamu juga harus tidur dengan posisi yang benar agar bisa tidur dengan nyaman. Karena, kondisi tidur yang tidak nyaman dapat menyebabkan munculnya masalah baru.

Salah satu hal yang dapat menimbulkan masalah kesehatan adalah kebiasaan tidur telungkup. Tidur dengan posisi telungkup memang bisa mengurangi mendengkur, tapi disisi lain dapat mengakibatkan gangguan tidur yang menyebabkan munculnya masalah kesehatan.

Merangkum dari berbagai sumber, seseorang yang tidur dengan posisi telungkup akan sangat terbebani bagian punggung dan lehernya. Berikut ini bahaya dari kebiasaan tidur dengan posisi telungkup.

Bahaya Kebiasaan Tidur Telungkup Bagi Kesehatan

Berdampak Buruk pada Punggung

Saat posisi tidur kamu telungkup ada tekanan-tekanan yang lebih besar pada bagian punggung dan juga tulang belakang. Pasalnya, tidur dengan posisi telungkup mengakibatkan tulang punggung tidak dalam posisi yang alami.

Hal tersebut dapat menimbulkan tekanan pada seluruh bagian tubuh menjadi semakin tinggi. Karena, tulang yang ada pada bagian punggung menjadi penyambung sejumlah saraf.

Jika tulang punggung mendapat tekanan yang tinggi maka bagian tubuh lainnya pun akan terasa sakit. Posisi ini dapat menimbulkan terjadinya tekanan pada bagian sendi dan otot hingga menyebabkan kesemutan, rasa sakit, bahkan memicu masalah saraf.

Menyebabkan Sakit Leher

Bahaya lainnya dari kebiasaan tidur telungkup bisa menyebabkan sakit leher. Hal ini karena posisi kepala yang miring saat kamu tidur telungkup.

Kondisi tersebut membuat bagian leher kamu tidak berada dalam posisi normal karena menjadi memutar ketika tidur. Posisi ini menyebabkan munculnya masalah sakit pada bagian leher.

Berdampak Buruk Bagi Wanita Hamil

Bahaya selanjutnya dari kebiasaan tidur telungkup yaitu bisa berdampak buruk bagi wanita yang tengah hamil. Saat kamu sedang hamil, waktu tidur yang cukup dan berkualitas merupakan hal penting yang harus kamu lakukan.

Tidur dengan posisi telungkup pantang dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. Meskipun usia kehamilannya masih muda. Karena hal itu akan memberikan tekanan yang berlebih pada janin yang ada dalam kandungan,

Bagi wanita hamil sebaiknya tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Tidur dengan posisi ini dapat meningkatkan aliran darah yang sehat ke bagian tubuh. Selain itu, juga bisa memberikan tingkat oksigen secara maksimal, baik bagi ibu maupun calon bayinya.

Itulah beberapa bahaya dari kebiasaan tidur telungkup. Mungkin beberapa dampak buruk tersebut kamu alami saat tidur dengan posisi telungkup.

Karena berbagai dampak buruk tersebut muncul ketika tidur dengan posisi telungkup, jadi sebaiknya kamu hindari agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga.